Cara Buat Blog yang Mudah dan Sederhana Untuk Pemula

redirect88google - Perkembangan teknologi yang begitu pesat menghasilkan banyak wadah untuk menampung berbagai karya setiap orang. Mulai dari YouTube, Instagram, Facebook, dan media-media lainnya, memungkinkan setiap orang mencurahkan idenya secara bebas.

Cara Buat Blog yang Mudah dan Sederhana Untuk Pemula

Selain media sosial yang disebutkan sebelumnya, ada juga wadah yang dapat menampung karya seseorang, terutama tulisan seseorang. Wadah tersebut bernama blog. Melalui blog kita bisa menuliskan apapun yang kita sukai. Kita bisa menulis tentang hobi, kehidupan sehari-hari, atau bahkan pemikiran dan argumen kita sendiri.

Cara membuat blog mungkin berbeda dengan membuat akun media sosial. Tapi bukan berarti akan lebih sulit. Dan jika dikelola dengan benar, blog bahkan juga bisa menjadi lahan untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Jika Anda memiliki hobi menulis dan tertarik dengan dunia blog, berikut akan kami sampaikan cara buat blog yang mudah dan menghasilkan yang dirangkum :

Tentukan Topik
Langkah pertama dalam cara buat blog yaitu menentukan topik. Jika Anda masih bingung ingin membuat blog tentang apa, ada beberapa cara untuk menemukan topik blog yang bagus:

• Hobi
|Hobi atau minat yang Anda sukai adalah sesuatu yang bagus sebagai topik sebuah blog. Memasak, traveling, mode, olahraga, dan otomotif adalah beberapa contoh yang biasa digunakan.

• Pengalaman hidup
Setiap orang memiliki pelajaran dari apa yang telah mereka lalui selama hidup mereka. Berbagi pengetahuan ini bisa sangat membantu orang lain dalam situasi serupa. Pikirkan tentang hal-hal yang Anda alami dalam hidup.

Ini bisa berkaitan dengan keluarga atau pengalaman hidup lainnya, seperti ketika menghadapi penyakit, perceraian, atau saat-saat bahagia seperti mempersiapkan pernikahan.

• Blog pribadi
Blog pribadi adalah blog tentang diri Anda. Topik ini akan mencakup banyak kisah, dari hal-hal yang Anda lakukan setiap hari, hingga pikiran dan renungan acak. Topik ini adalah cara yang bagus untuk membagikan pemikiran Anda kepada dunia tanpa harus terpaku pada satu topik saja.

Menentukan Platform
Cara buat blog yang kedua yaitu dengan menentukan platform. Platform di sini adalah media yang akan digunakan untuk mengelola blog, mulai dari mempublish hingga proses optimasi blog.

Pastikan memilih platform yang terbaik. Anda bisa menggunakan platform sistem manajemen konten, atau CMS. Dengan memilih CMS, maka Anda bisa:

- 1. Setup blog tanpa perlu memahami coding
- 2. Menulis dan menerbitkan konten baru
- 3. Fokus pada penulisan dan tidak perlu mengkhawatirkan berbagai aspek teknis
- 4. Menambahkan fitur baru tanpa kesulitan apa pun dengan bantuan plugin dan modul
- 5. Mengatur desain tampilan dengan memanfaatkan berbagai tema gratis yang disediakan

Untuk menentukan platform blog yang baik, saat ini ada tiga platform yang layak dipertimbangkan, yaitu WordPress, Joomla, dan Drupal.

Memilih Layanan Hosting
Cara buat blog yang ketiga adalah dengan memilih web hosting. Hosting merupakan tempat penyimpanan semua file data. Mulai dari gambar, audio, video, tema, teks, dan pengaturan. Tahap ini mungkin terdengar sulit dan rumit.

Namun, jika Anda sudah menggunakan WordPress.com, maka secara otomatis Anda akan mendapatkan hosting yang telah disediakan. Namun, jika Anda menggunakan WordPress.org, maka Anda harus menyewa sendiri hosting secara mandiri.

Selain itu, juga sudah ada beberapa layanan hosting yang bisa Anda pertimbangkan. Salah satunya adalah Shared Hosting. Di Shared Hosting, beberapa website akan berada di bawah naungan satu server fisik.

Semua resourcenya, seperti disk space, RAM, bandwidth, akan terbagi untuk masing-masing situs dari satu pool. Server-server tersebut juga akan dioptimasi dan dimonitor setiap saat untuk memastikan bahwa semua website memiliki performa yang baik.

Memilih Nama Domain
Setelah Anda memiliki topik dan menentukan platform serta hosting, cara buat blog berikutnya yaitu dengan memilih nama domain atau blog. Nama blog yang baik harus deskriptif sehingga pembaca dapat langsung mengetahui topik dari blog Anda hanya dari namanya.

Cobalah untuk tidak terpaku pada satu kata saja. Misalnya, blog memasak tidak harus memiliki kata "memasak" di dalamnya. Kata-kata seperti “makanan”, “makan”, dan “resep” juga akan membuat orang tahu bahwa blog Anda tentang memasak.

Setelah Anda memiliki beberapa ide nama blog, Anda harus memilih ekstensi domain. Ekstensi domain .com adalah yang paling disukai, tetapi .net atau .org juga berfungsi. Jika ternyata nama yang Anda inginkan sudah digunakan orang lain, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

- Coba ekstensi domain lain. Jika versi .com sudah terdaftar Anda mungkin masih bisa mendapatkan versi .net atau .org dari nama blog Anda.
- Tambahkan kata-kata kecil. Kata-kata seperti "a", "my", atau "the". Misalnya, Anda bisa membuat nama TheBlogStarter.com, jika BlogStarter.com sudah digunakan.
- Tambahkan tanda hubung di antara kata. Misalnya, scott-chow.com

Kelola Blog
Cara buat blog yang selanjutnya yaitu dengan mengaktifkan platform blog Anda. Setelah mendapatkan dan mengaktifkan web hosting serta nama domain, maka Anda bisa melanjutkannya dengan mendesain dan mulai mengelola blog Anda. Kemudian, jika sudah selesai dengan desain blog, Anda bisa mulai bagian menariknya, yaitu membuat konten.

Berusahalah untuk membuat konten yang cepat dan berkualitas. Karena semakin Anda cepat menulis, maka kemungkinan untuk ditampilkan di mesin pencari juga semakin cepat. Apalagi jika konten yang Anda tulis berkualitas dan menarik.

Itulah beberapa cara buat blog. Membuat blog memang tidak sesingkat membuat sebuah akun media sosial. Tapi, blog bisa menjadi tempat yang baik untuk menampung ide-ide dan kreativitas Anda dalam menulis.

Popular posts from this blog

Cara Buat Blog di Blogger dan Wordpress Gratis dan Mendapatkan Uang

Tips Cara Menghasilkan Uang dari Blog